Gambar Model Rumah Sederhana Tampilan Modern

Model Rumah Sederhana

Tidak hanya model rumah mewah saja yang dapat berkembang di dalam kalangan masyarakat Indonesia. Banyak juga yang melirik model rumah sederhana sebagai tempat hunian yang pas untuk keluarga tercinta. Sebab tidak semua orang itu mempunyai dana yang cukup banyak untuk mendirikan sebuah bangunan rumah dengan peggunaan properti yang mewah.

Untuk sebagian orang, mungkin rumah dengan model sederhana sudah cukup memuaskan diri mereka sebagai hunian yang nyaman dan aman untuk seluruh anggota keluarga. Tapi bagaimana kalau rumah sederhana itu berukuran kecil, pastinya hal itu akan menghambat segala aktifitas yang dilakukan setiap anggota keluarga yang ada di dalamnya. Anda pasti tidak mau jika Hal itu terjadi kepada keluarga Anda bukan?

contoh gambar model rumah sederhana
contoh gambar model rumah sederhana

Karena biasanya model rumah sederhana disamping memiliki tampilan yang sederhana, terkadang rumah sederhana juga mempunyai bentuk yang sederhana dalam artian bentuknya kecil atau minimalis. Sehingga perlu adanya menataan ruang luar (eksterior) dan ruang dalam (interior) disetiap bagian ruang yang ada pada model rumah sederhana. Jadi, mengatur desain tiap-tiap ruangan sangat diperlukan untuk mendukung segala kegiatan dalam rumah tersebut.

Berikut beberapa tips menata dan mengoptimalkan ruang sempit pada bentuk rumah sederhana yang dapat Anda terapkan nantinya. Sehingga pembangunan rumah sederhana tersebut dapat mengakomodir semua kebutuhan penghuninya. Selain itu, tips berikut ini juga menyangkut memaksimalkan setiap ruangan yang ada secara optimal agar sesuai dengan bebutuhan yang diinginkan. Langsung saja kita simak tips menata ruang sempit pada model rumah sederhana berikut ini!

  1. Menata aksen pada ruang keluarga

Aksen pada ruang keluarga menunjukan titik pusat pada ruangan, karena ruang keluarga merupakan ruang favorit bagi setiap keluarga. Dimana ruang keluarga merupakan ruang rekreasi bagi anggotanya yang diantaranya menonton TV, mendengarkan musik, bersantai dan kegiatan lainnya. Tapi, fungsi utama ruang keluarga adalah tempat berkumpulnya semua anggota keluarga, maka dari itu penting untuk menata tampilan ruang tersebut agar nyaman ketika ditempati.

Aksen pada ruang keluarga bisa berupa dinding yang diberi warna kontras atau berbeda dengan warna dinding yang lain, bisa juga dengan memasang pigura atau patung atau pernak-pernik lainnya, bisa juga menggunakan material berbeda seperti kayu, batu atau kaca. Bentuk aksen pada ruang keluarga bisa juga dengan menambahkan nilai-nilai arsitektur, serta bisa juga sebagai media untuk memberi kesan yang bisa mempengaruhi seluruh ruang yang ada pada bangunan di rumah sederhana tersebut.

  1. Menata taman pada ruang dalam

Taman pada ruang dalam merupakan oase yang dapat menjadi penyejuk serta penyeimbang, namun harus diimbangi dengan pemeliharaannya. Karena bila kurang pemeliharaan taman tidak akan jadi seperti yang diharapkan, meliankan malah jadi masalah baru karena bisa menjadi sumber penyakit bagi seluruh penghuni rumah.

Pola tanaman yang simpel pada ruang dalam diantaranya pola patio dan pola taman pada dinding. Pola taman patio merupakan pola taman yang bujur sangakar dengan batu andesit diselingi garis-garis potongan keramik, sebagai penyeimbang ditanam tanaman sebagai aksen sehingga komposisi pola berdinamika dengan baik. Sedangkan pola taman pada dinding mengandalkan tanaman rambat atau dengan pot yang ditanam dengan kombinasi pasangan batu serta untuk dibuat kolam dengan tritisan air pada dinding agar desain pola taman bisa lebih hidup.

model rumah sederhana terbaru
model rumah sederhana terbaru
  1. Ruang tidur anak

Hampir sama dengan ruang tidur utama, ruang tidur anak memiliki dimensi 3m x 3m pada rumah sederhana. Ruang anak memiliki dimensi yang sedang atau tidak terlalu besar, hal ini dipengaruhi juga oleh aktifitas anak dan perabot yang digunakan di dalamnya. Perabot yang ada pada ruang tidur utama antara lain tempat tidur ukuran singgle 210cm x 120cm, meja belajar, lemari pakaian, serta dipengaruhi juga dengan hobi dan usia anak, karena usia sangat berpengaruh pada kebutuhan perabot pada kamarnya. Maka, sebaiknya dalam menata ruang tidur anak harus memperhatikan karakteristik dari usia anak.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai model rumah sederhana dengan tampilan modern. Dengan konsep tatanan yang baik, rumah kecil bukan berarti sempit dan sederhana. Sebaliknya denga konsep tatanan ruangan yang baik, rumah kecil tetap mampu menciptakan kesan elegan, mapan dan berkelas. Ciptakan rumah Anda sebagai tempat peristirahatan dan tempat berkumpulnya anggota yang nyaman dan aman.