Bagian Bagian Atap Rumah

BAGIAN BAGIAN ATAP RUMAH adalah satu dari beberapa contoh gambar atau foto desain rumah dari postingan Mengenal Lebih Dalam Struktur Atap Rumah yang ada di situs Tips Desain Rumah Minimalis, yakni website yang membahas mengenai Tips Dan Informasi Desain Rumah Minimalis Modern Sederhana Terbaru Di halaman ini anda dapat melihat secara jelas Contoh Gambar Bagian Bagian Atap Rumah yang selanjutnya bisa jadikan rujukan untuk menentukan desain rumah, warna cat, pola desain, denah lokasi, hingga model pagar, pintu dan taman untuk rumah anda nantinya.
bagian-bagian atap rumah
Download Bagian Bagian Atap Rumah dalam Ukuran Asli di atas (1316 × 626 pixels)

bagian-bagian atap rumah

Sejak dahulu sampai sekarang atap rumah tetap digunakan sebagai alat pelindung serta mengayomi sebuah rumah agar menjadi teduh dan terlindung dari segala macam perubahan alam, seperti hujan, panas, angin, turunnya salju dan hal-hal lain sebagainya. Maka dari itu fungsi dari atap sangatlah penting peranannya dalam memberikan andil pada sebuah bangunan. Nah apa saja sih, susunan dan bagian dari sebuah atap agar dapat berdiri dengan kuat dan indah? Mari kita simak yang berikut ini!
Komponen-komponen penyusun atap ada tiga:
1. Struktur atap terdiri dari rangka atap dan penopang rangka atap.
2. Penutup atap terdiri dari genteng atau polikarbonat bisa juga menggunakan bahan lainnya.
3. Pelengkap atap terdiri dari talang horizontal atau vertikal dan lisplang.

A. Struktur Atap
Pengertian dari struktur atap adalah rumah bagian atas yang bertugas untuk menahan / mengalirkan suatu beban yang berasal dari atas atap agar tetap bisa melindungi bagian atas dan bagian dalam rumah kita. Sedangkan untuk struktur atap sendiri terdiri dari rangka atap dan penopang rangka atap. Rangka atap berfungsi sebagai penopang bahan penutup atap, sehingga biasanya terbentuk dari susunan balok-balok yang berasal dari kayu/bambu/baja, yang disusun secara vertikal atau secara horizontal, terkecuali atap yang berstruktur dari dag beton.
Berdasarkan posisi inilah maka muncul istilah gording, kasau dan reng. Susunan rangka atap dapat menghasilkan lekukan pada atap (jurai dalam/luar) dan menciptakan bentuk atap tertentu.
Penopang rangka atap adalah balok kayu yang disusun membentuk segitiga, disebut dengan istilah kuda-kuda.
Kuda-kuda berada dibawah rangka atap, fungsinya untuk menyangga rangka atap. Sebagai pengaku, bagian atas kuda-kuda disangkutkan pada balok bubungan, sementara kedua kakinya dihubungkan dengan kolom struktur untuk mengalirkan beban ke tanah.
Secara umum dikenal dengan 4 jenis struktur atap yaitu: struktur dinding (sopi-sopi) rangka kayu, kuda-kuda dan rangka kayu, struktur baja konvensional, struktur baja ringan. Diluar itu ada pula struktur dak beton yang biasa digunakan untuk atap datar.
Atap dan bagian-bagiannya
1. jurai dalam
Jurai dalam ialah bagian yang tajam pada atap, berjalan dari garis tiris atap sampai bubungan, dan terdapat pada pertemuan dua bidang atap pada sudut bangunan kedalam.
2. jurai luar
Jurai luar, ialah bagian yang tajam pada atap, berjalan dari garis tiris atap sampai bubungan, terdapat pada pertemuan dua bidang atap pada sudut bangunan ke luar.
3. bubungan (nok)
Merupakan sisi atap yang teratas, selalu dalam keadaan datar dan umumnya menentukan arah bangunan.
4. gording
Balok atap sebagai pengikat yang menghubungkan antar kuda-kuda. Gording juga menjadi dudukan untuk kasau dan balok jurai dalam.
5. kasau
Komponen atap yang terletak diatas gording dan menjadi dudukan untuk reng.
6. reng
Komponen atap yang memiliki profil paling kecil dalam bentuk dan ukurannya. Posisinya melintang diatas kasau. Reng berfungsi sebagai penahan penutup atap (genteng dan lain-lain). Fungsi lainnya adalah sebagai pengatur jarak tiap genteng agar rapi dan lebih “terikat”. Jarak antar reng tergantung pada ukuran genteng yang akan dipakai. Semakin besar dimensi genteng,semakin sedikit reng sehingga biaya pun lebih hemat.
B. Penutup atap
Penutup merupakan bagian yang menutupi atap secara keseluruhan sehingga terciptalah ambang atas yang membatasi kita dari alam luar. Ada berbagai pilihan penutup atap dengan pilihan bentuk dan sifat yang berbeda. Dua faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam pemilihannya adalah faktor keringanan material agar tidak terlalu membebani struktur bangunan dan faktor keawetan terhadap cuaca (angin, panas, hujan). Faktor lain adalah kecocokan/keindahan terhadap desain rumah. Ukuran dan desain dari penutup atap juga memberi pengaruh pada struktur, misalnya konstruksi kuda-kuda, ukuran reng, dan sudut kemiringan.
C. Komponen pelengkap

Elemen pelengkap pada atap selain berfungsi struktural juga estetis.
Talang
Saluran air pada atap yang berfungsi mengarahkan air agar jatuh ketanah disebut talang. Talang dipasang mendatar mengikuti tiris atap kemudian dialirkan ke bawah melalui pipa vertikal.
Lisplang
Dari segi konstruksi, lisplang menciptakan bentukan rigid (kokoh, tidak berubah) dari susunan kasau. Pada pemasangan rangka penahan atap, batang-batang kasau hanya ditahan oleh paku dan ada kemungkinan posisinya bergeser. Disinilah lisplang berfungsi untuk mengunci susunan kasau tersebut agar tetap berada pada tempatnya. Dari segi estetika, lisplang berfungsi menutupi kasau yang berjajar dibawah susunan genteng/bahan penutup atap lain. Maka tampilan atap pada bagian tepi akan terlihat rapi dan indah oleh kehadiran lisplang.
Nah itulah mengenai bagian atap rumah, semoga artikel di atas dapat membantu Anda untuk lebih mengenal bagian atap lebih dalam. Dan apa yang sudah kami sajikan, semoga bisa membantu Anda sekalian yang sedang mencari informasi tentang bagian-bagian atap rumah.

Selain Wallpaper bagian bagian atap rumah tersebut, anda juga dapat memilih atau melihat-lihat beberapa koleksi design rumah kami yang bisa anda klik dan perbesar secara langsung. Harapan kami, anda dapat terbantu dengan kumpulan gambar desain rumah yang telah kami tampilkan dan sajikan secara khusus untuk anda.

Mengenal Lebih Dalam Struktur Atap Rumah

gambar atap rumah minimalisbagian-bagian atap rumah
Supported By alimustikasari.com
...