Terlihat Lebih Cantik Dengan Inner Court Minimalis

Desain Inner Court Dalam Rumah

Bagi kita yang hidup di negara tropis, mungkin harus bisa mengatur penghawaan pada interior rumah. Seperti keadaan iklim yang ada di negara tropis, dengan kondisi udara yang cenderung panas dan lembab di dalam ruangan rumah. Jadi, bagi Anda yang hidupnya berada di negara-negara yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Sebaiknya, sebisa mungkin dapat mengatur penghawaan di dalam rumah dengan maksimal, untuk dapat menghasilkan kualitas udara yang baik untuk kesehatan Anda dan seluruh anggota keluarga tercinta.

Mungkin, bagi mereka yang memiliki rumah dengan lahan yang luas, tidak akan terlalu bingung dalam mengatur sirkulasi udara yang tepat untuk rumahnya. Pohon-pohon dan tanaman yang ada pada taman luar rumah dapat membantu sirkulasi udara dengan baik. Namun, bagaimana dengan mereka atau mungkin juga bagi Anda yang berada di daerah perkotaan, yang cenderung hanya memiliki lahan terbatas?

Dengan munculnya masalah keterbatasan lahan hunian yang ada di daerah perkotaan, memerlukan konsep baru untuk mengatasi kebutuhan akan sirkulasi udara yang baik. Oleh karena itu, munculah konsep inner court yang kini banyak diaplikasikan pada desain rumah-rumah minimalis modern maupun sederhana.

desain taman dalam rumah
desain taman dalam rumah

Inner court merupakan ruangan terbuka atau semi terbuka yang ada di dalam rumah, yang lahir karena kebutuhan akan sirkulasi udara. Namun, fungsi utama dari inner court adalah untuk melancarkan sirkulasi udara serta memberi kesempatan sinar matahari untuk menerobos masuk ke dalam ruangan, jadi rumah menjadi lebih sehat.

Perlu diperhatikan, biasanya atap inner court terbuka atau berbahan transparan untuk memasukkan sinar matahari. Jadi, akan lebih inovatif lagi jika desain atapnya dapat dikondisikan sehingga dapat dibuka dan ditutup kembali.

Tidak ada ukuran standart dalam mendesain inner court. Besar atau kecilnya hunian Anda, dapat menghadirkan innercourt di dalamnya. Bentuknya pun dapat disesuaikan dengan keinginan dan selera Anda, asal proporsional dengan ukuran rumah.

Idealnya, inner court diletakkan pada titik pertemuan ruang, terutama pada ruang yang membutuhkan sirkulasi udara cukup. Untuk lebih efektifnya lagi, sebaiknya letakkan inner court pada ruangan yang menjadi meeting piont seluruh penghuni rumah, seperti ruang keluarga atau ruang makan. Seperti dapat Anda lihat pada gambar inner court minimalis dengan sistem bukaan, dekat ruang dapur yang menyatu dengan ruang makan.

Dengan desain seperti itu akan dapat memberikan banyak kelebihan kepada Anda. Diantaranya adalah udara dan cahaya yang masuk dengan kualitas baik, yang berasal dari inner court dapat mengurangi perkumpulan asap, mencegah lembab serta menghindari resiko meledaknya tabung gas pada saat digunakan. Selain itu juga udara yang keluar dari dapur atau bau masakannya tidak akan menyebar ke ruangan yang lain. Untuk lebih jelasnya mengenai desain ruang dapur dapat Anda cari tahu pada interior minimalis #part3 pada postingan sebelumnya.

Inner court kerap kali dimanfaatkan sebagai taman interior rumah, yang sekaligus sebagai oase yang dapat menjadi penyejuk serta penyeimbang bagi rumah tersebut. Namun dengan adanya taman dalam rumah, harus diimbangi dengan pemeliharaannya. Karena bila kurang pemelihaan, taman tersebut tidak akan jadi seperti yang diharapkan, melainkan jadi masalah baru dan bisa-bisa malah menjadi sumber penyakit bagi seluruh penghuni rumah.

Bedanya, konsep inner court lebih sederhana yaitu dengan tanaman yang tidak terlalu tinggi dan didominasi unsur bebatuan. Anda dapat menggunakan taburan koral ata hamparan rumput sebagai penutup permukaan tanah. Cara tersebut membantu menurunkan suhu lingkungan serta memungkinkan udara tetap mengalir ke dalam ruangan. Tidak hanya itu, cara ini juga memberikan kesan yang luas pada ruangan Anda.

Sebagaimana mendesain taman interior, jenis tanaman juga merupakan unsur yang harus diperhatikan ketika membuat inner court. beberapa tanaman membutuhkan unsur hara dan sinar matahari, terkadang juga ada jenis tanaman yang tidak bisa bertahan hidup di dalam ruangan. Jenis tanaman ini tentu tidak cocok jika di tempatkan pada inner court. Sebaiknya jangan terlalu banyak pohon besar karena berpengaruh pada pencahayaan yang masuk ke dalam ruangan. Pengadaan kolam dan air mancur juga dapat mempercantik dan mendinginkan udara.

taman minimalis pada ruang dalam
taman minimalis pada ruang dalam

Konsep inner court ini sangat cocok untuk jika diaplikasikan pada desain rumah minimalis. selain itu juga memberikan kemudahan pada hunian berlahan terbatas, untuk mempercantik rumah dengan taman interior. Komposisi apapun dapat Anda terapkan sesuai dengan keinginan masing-masing. Namun yang perlu diperhatikan adalah aspek perawatan. Bagaimanapun rumah yang cantik adalah rumah yang bersih. Inner court yang semula cantik namun jika tidak terawat, tentu saja akan membuat rumah menjadi tidak nyaman.

Adanya inner cout ini ibarat inner beauty rumah Anda. ketika bagian dalam cantik, tentu bagian luar akan terlihat cantik pula. Cantik dari dalam yang tidak tampak, namun tetap terpancar hingga keluar. Semoga apa yang telah kami sajikan mengenai desain inner court rumah minimalis, dapat membantu Anda dalam mewujudkan rumah yang nyaman dan ideal. Terima kasih sudah mengunjungi website kami dan semoga rumah yang sudah Anda cita-citakan sejak lama dapat segera terwujud.